Tokoh Masyarakat Lutim Akui Kepedulian Besar Andi Sudirman Untuk Kesejahteraan Masyarakat


LUWU TIMUR - Sejumlah  Tokoh masyarakat Luwu Timur yang berasal dari berbagai wilayah kecamatan menyatakan dukungannya kepada bakal calon Gubernur dan Wakil Gubernur Sulsel Andi Sudirman Sulaiman dan Fatmawati Rusdi (Andalan - Hati). Para tokoh masyarakat Luwu Timur itu langsung menemui Andi Sudirman Sulaiman usai melaksanakan Salat Subuh di salah satu Masjid di Kota Makassar. Usai melaksanakan Salat, terlihat tokoh masyarakat senang bisa bertemu dan berbincang akrab dengan Andi Sudirman Sulaiman.

Tokoh masyarakat  Luwu Timur, Takiuddin menyampaikan keyakinannya bahwa Andi Sudirman Sulaiman adalah sosok yang tepat untuk memimpin Sulawesi Selatan kedepan yang berpasangan dengan sosok politisi perempuan Hj. Fatmawati Rusdi. "Kami percaya bahwa Andi Sudirman Sulaiman dan Ibu Fatmawati Rusdi  memiliki visi dan komitmen yang kuat untuk memajukan daerah ini terkhusus di  Lutim. Dan Sulawesi Selatan secara umum,” ungkapnya, Selasa 10 September 2024. 

Baginya, Andi Sudirman sosok pribadi yang mudah diajak berdiskusi, komunikatif, ramah, dan mudah mendengarkan dan menerima saran dari masyarakat. “Kami bisa berdiskusi sekitar satu jam dengan Pak Andi Sudirman, kesimpulan kami bahwa beliau adalah sosok yang mengedepankan orientasi kemasyarakatan. Apa yang menjadi keinginan masyarakat, itulah prioritasnya,” ungkapnya.

“Jika bapak Andi Sudirman diberikan amanah kembali, kami harap bisa menangani jalan khususnya di Kecamatan Towuti, di ruas jalan Maholona ke Bahudopi Sulteng, dan akses di Desa Lioka Towuti menhubungkan ke ruas Ponda di Lutim,” jelasnya.

Ia pun mengatakan, bahwa Andi Sudirman Sulaiman sosok pemimpin yang terus mendorong agar perusahaan yang beroperasi dapat memberikan kesejahteraan yang besar bagi masyarakat sekitar. “Beliau selalu berjuang bagaimana Perusahaan bisa memberikan haknya kepada masyarakat, dalam hal kesejahteraan,” bebernya.

Senada dengan Tokoh Masyarkat lainnya yang turut hadir, Rustan Abbas mengatakan, bahwa kami bukan hanya berdasarkan reputasi beliau tetapi juga karena dedikasi dan rekam jejak Andi Sudirman yang telah terbukti dalam berbagai program pembangunan, baik saat menjabat Wagub. Plt Gubernur sampai  menjabat Gubernur. 

Sebagai bentuk dukungannya itu pula, dirinya membentuk Relawan Brigade Andalan Luwu Timur. Panglima Brigade Andalan Luwu Timur, Rustan Abbas mengatakan, “Kami telah merasakan bagaimana Pak Andi Sudirman Sulaiman membangun wilayah kami ketika menjabat sebagai Gubernur Sulawesi Selatan seperti pembangunan jalan provinsi di desa Nuha dan desa Ussu. Kami juga berterima kasih atas usaha PAk ANDALAN mengambil alih bandara sorowako menjadi aset pemerintah provinsi, agar kedepan bisa terbuka akses pesawat lainnya yang ke sorowako,” ungkapnya.

Rustan Abbas yang juga Direktur Eksekutif Asosiasi Serikat Pekerja dan Ketenagakerjaan (ASPEK) Luwu Timur berharap, “agar jalanan aspal beton tersebut bisa berlanjut ke desa Kawata, Parumpanai, Landangi dan Koropansu agar terbuka akses bagi masyarakat asli wasuponda untuk meningkatkan perekonomian mereka serta menjadilan program Andalan kedepan untuk pembangunan jalan lintas provinsi yang menghubungan desa Mahalona Luwu Timur dengan Morowali Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Diketahui, Andi Sudirman Sulaiman punya komitmen dalam melakukan pembangunan yang berkeadilan secara bertahap. Baik di sektor infrastruktur, pertanian, dan mendorong pemanfaatan sumber daya alam yang dimiliki Luwu Timur. 

Mulai dari penanganan secara bertahap pada ruas jalan Ussu – Nuha – Beteleme Batas Provinsi Sulawesi Tengah. Ruas jalan yang menjadi penghubung Provinsi Sulsel ke Provinsi Sulteng. Selain itu, salah satu perjuangan Andi Sudirman Sulaiman untuk Luwu Raya, dengan berhasilnya mengambil alih kepemilikan Bandara Sorowako di Kecamatan Nuha, Kabupaten Luwu Timur menjadi aset milik Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dengan nilai aset sekitar Rp 110 Miliar. Pengambilalihan Bandara Sorowako itu dilakukan dalam kurun waktu setahun. Dimana sebelumnya, Bandara itu dikuasai 40 tahun oleh Perusahaan asing. 

Pada sektor pertanian, sejumlah bantuan baik sarana dan prasarana dilakukan di Kabupaten Luwu Timur. Diantaranya bantuan alat mesin pertanian, jalan tani, irigasi perpompaa, pupuk organik, bibit cengkeh, bibit pala, bibit kopi, dan bantuan sektor pertanian lainnya. 

Untuk sektor perikanan, Kabupaten Luwu Timur juga mendapatkan bantuan, berupa sarana budidaya rumput laut, tambatan perahu, budidaya udang windu, penyediaan prasarana pembudidayaan ikan di laut, dan penanaman 83 ribu batang mangrove. 

Semasa kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman pula, Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan juga mendorong pembangunan yang berkeadilan.  Diantaranya memberikan bantuan keuangan Pemerintah Provinsi Sulsel senilai Rp 10 Miliar untuk Pemerintah Kabupaten Luwu Timur. 

Dengan sejumlah program dan bantuan yang telah dilakukan Pemprov Sulsel di era kepemimpinan Andi Sudirman Sulaiman. Diharapkan dapat mendorong akselerasi pertumbuhan ekonomi baru di Kabupaten Luwu Timur.

Posting Komentar

0 Komentar