Ini Capaian dan Pembangunan di Jeneponto, Komitmen Andi Sudirman Bekerja untuk Rakyat

 JENEPONTO - Bakal Calon Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman menyampaikan sejumlah capaian dan pembangunan yang telah dilakukan di Kabupaten Jeneponto.

Pembangunan yang dilakukan pun sesuai dengan kebutuhan masyarakat. Baik dari bidang infrastruktur, pertanian, perikanan dan kelautan, sampai kucuran bantuan keuangan daerah.

Di sektor infrastruktur, Andi Sudirman saat mendapat amanah sebagai Gubernur Sulsel Periode 2021-2023, telah menangani Preservasi jalan Ruas Boro Jeneponto secara bertahap sepanjang 3,72 km. Termasuk berhasil meyakinkan Pemerintah Pusat, atas usulan pelebaran jalan Nasional Sungguminasa - Jeneponto dengan multi years contract 2022-2024 senilai Rp 176 Miliar. 

“Kita tangani ruas Boro - Jeneponto. Termasuk usulan pelebaran Jalan Nasional di Jeneponto. Kita juga pernah mendengar keluhan masyarakat mengenai banjir, kita bangun Tanggul Sungai Allu. Alhamdulillah sudah bermanfaat,” kata Andi Sudirman.

Selain infrastruktur, sektor pertanian termasuk yang mendapatkan perhatian sangat besar. Tercatat dalam kurun waktu 3 tahun, Andi Sudirman Sulaiman selaku Gubernur Sulsel telah menggelontorkan anggaran kurang lebih 66,9 Miliar dalam berbagai jenis program. “Salah satunya, kita berikan bantuan mandiri benih andalan, benih padi secara gratis kepada masyarakat. Di Jeneponto kita bagikan sebanyak 169,875 ton untuk ditanam dilahan pertanian seluas 6.795 hektar,” tutur Andi Sudirman.

Termasuk bantuan untuk kelompok perikanan di Kabupaten Jeneponto. “Di Jeneponto, kita sudah melakukan penanaman Mangrove sebanyak 194 ribu batang di wilayah pesisir,” sebutnya.

Andi Sudirman juga berhasil melanjutkan pembangunan Rest Area Jeneponto. Termasuk mendorong peningkatan perekonomian bagi pelaku usaha UMKM.

Jiwa sosial yang tinggi, Andi Sudirman memiliki perhatian jika ada masyarakat yang mengalami musibah. “Kita pernah berkunjung waktu terjadi bencana banjir di Tarowang. Kita bantu beberapa pembangunan rumah baru untuk masyarakat yang terdampak musibah,” pungkasnya.

Menghadirkan air minum yang layak bagi wilayah kepulauan, Andi Sudirman juga tekah memberikan bantuan arsinum di Pulau Libukang, Kabupaten Jeneponto. “Kita belum pernah ke sana (Libukang), tapi kita bersyukur bantuan arsinum kita sudah ada disana dan dinikmati manfaatnya mendapatkan air minum yang layak dan aman bagi masyarakat di kepulauan,” bebernya.

Mendorong pemerataan pembangunan di Sulsel, Andi Sudirman membuktikan dengan mengucurkan bantuan keuangan Provinsi TA 2023 untuk Kabupaten Jeneponto senilai Rp 10 Miliar untuk pembangunan jalan Prioritas Kabupaten dan Rehab Masjid Agung Jeneponto.

“Saya merasa ini yang dilakukan ini adalah tanggungjawab dan bagaimana kita bekerja dan bermanfaat bagi masyarakat banyak.  Saya hanya mendengarkan suara masyarakat kita dan bagaimana bekerja dan uang rakyat digunakan sesuai kebutuhan masyarakat,” jelasnya.


Posting Komentar

0 Komentar